Internet Merambah Antariksa

Posted by kellek's admin in


Setelah kini menambahkan ke berbagai penjuru dunia, internet diproyeksikan akan meluas ke angkasa luar, wilayah yang sebelumnya tidak terdapat jaringan. Inilah yang diprediksikan Vini Cerf. Seperti dilaporkan Jun Kwanwoo (AFP), Cerf mengatakan, internet "antarplanet" ini akan mengakses informasi dan mengontrol eksperimen yang berlangsung jauh dari Bumi.
Kalau sampai internet meluas ke tata surya, akan diperlukan aturan dan regulasi baru. Saat berbicara di Seoul Pekan lalu, Cerf menambahkan bahwa dirinya dan sejumlah pakar lain sedang mengerjakan sejumlah standar yang dirancang yang dirancang untuk memandu komunikasi internet era angkasa luar.
"Akhirnya internet bisa membawa kita ke wilayah yang sebelumnya tidak ada jaringan." ujar Cerf yang kini menjadi Wakil Presiden Google. Untuk mewujudkan proyek baru ini, Cerf bekerja dengan kelompok insinyur di Jet Propulsion Laboratory of California dan bertekad merampungkan bagian kunci komunikasi antariksa seperti yang ia lakukan untuk internet dulu dalam tempo tiga tahun.
Seperti dituturkan Cerf, standar baru dibutuhkan karena jarak yang ditempuh amat besar, yang dalam proses komunikasi melintasi antariksa ini juga ada kelambatan (delay) waktu. Kalau perkiraan Cerf benar, maka pada tahun 2010 akan ada satu pilar (backbone) antar planet guna membantu misi robotik atau berawak dengan komunikasi yang kokoh.

This entry was posted on 21 Maret 2008 at 04.06 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar